bulakan.desa.id – Penilaian lomba media informasi desa tahap akhir dimulai. Bertempat di Aula Dinpermasdes Kabupaten Pemalang, 10 finalis lomba media informasi desa tahun 2019 mempresentasikan website mereka masing-masing dihadapan para juri. Desa Bulakan Kecamatan Belik, Desa Rembul Kecamatan Randudongkal, dua desa dari Kecamatan Bantarbolang yaitu Desa Kuta dan Lenggerong, Desa Pasir dan Karangbrai dari Kecamatan Bodeh, Desa Sidokare Kecamatan Ampelgading, Desa Kandang Kecamatan Comal, Desa Sewaka dan Saradan dari Kecamatan Pemalang merupakan 10 desa terpilih karena keaktifan dan update informasi tentang kegiatan yang ada di desa melalui website resmi mereka.

Senin pagi (28/10) pukul 09.30 WIB, acara presentasi lomba media informasi desa dibuka oleh Dinpermasdes dan Puspindes Kabupaten Pemalang. Ketua Panitia lomba media informasi desa tahun 2019 Erwanto dari Puspindes membacakan ketentuan dan waktu presentasi website desa.

“Waktu presentasi website adalah 15 menit. 5 menit untuk presentasi dan sisanya adalah tanya jawab dengan para juri. Desa yang presentasi pertama adalah desa yang hadir paling awal dan seterusnya,” kata Erwanto.

Desa Saradan dari Kecamatan Pemalang yang hadir paling awal menyatakan keberatan dengan apa yang ditentukan oleh panitia. Kemudian atas kesepakatan bersama antara panitia dan peserta, nomor peserta presentasi dilakukan secara acak dengan mengambil nomor undian. Desa Bulakan menjadi desa terakhir yang mempresentasikan website dihadapan para juri setelah mendapatkan nomor 10. Sekitar pukul 15.20, Sutomo selaku penaggung jawab admin informasi desa didampingi Kepala Desa Bulakan Sigit Pujiono mempertunjukkan website resmi Pemerintah Desa Bulakan yaitu ‘bulakan.desa.id’ didepan kelima juri.

Konten berita, desain, inovasi, kelengkapan menu di website desa adalah poin-poin yang menjadi penilaian oleh para juri. Selain itu, keaktifan sosial media desa serta status domain website desa yang telah menjadi ‘desa.id’ akan menjadi nilai plus. Juri yang dihadirkan adalah Adi dari Diskominfo Kabupaten Pemalang, Bejo Setyo Widodo Dinpermasdes, Eki Rudiantara (jurnalis), Solikhin (blogger) dan Gatot Ari Wibowo dari Puspindes. Penilaian dari kelima juri inilah yang akan menentukan siapa yang akan menjadi yang terbaik di lomba media informasi desa tahun 2019. Pemenang lomba akan di umumkan pada acara Jambore IT Desa tanggal 9-10 November 2019 di Kebun Teh Semugih Desa Banyumudal Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang.

Semoga dengan adanya lomba media informasi desa ini akan menambah motivasi para peserta 10 finalis lomba media informasi desa khususnya dan desa-desa yang lain pada umumnya untuk terus mengedepankan informasi kepada masyarakat baik melalui website maupun sosial media sebagai bagian dari keterbukaan informasi publik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *