Ragam Qurban di Desa Bulakan

Bulakan – Tepat hari Minggu (11/8), hari raya Idul Adha tahun 1440 Hijriyah/2019 Masehi dirayakan oleh umat Islam di berbagai pelosok negeri. Sebelum melakukan prosesi penyembelihan hewan kurban, para umat islam baik laki-laki maupun perempuan┬ámelakukan sholat sunah Idul Adha secara berjama’ah sebanyak 2 rokaat.

Di Desa Bulakan, prosesi kurban dilakukan di berbagai wilayah dusun. Jumlahnya pun beragam, ada yang 7 ekor Kambing, 9 ekor sapi dan sebagainya. Yang berkurban pun bermacam-macam, ada yang satu keluarga iuran kemudian membeli hewan kurban, ada yang dari perseorangan, ada yang dari Pondok Pesantren, semuanya diberikan untuk diberikan kepada sesama.

Hewan kurban di Dusun Sawangan

Prosesi penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh seorang tokoh agama setempat. Di Mushola Al Barokah Dukuh Batur Dusun Dukuh Karang misalnya, penyembelihan hewan kurban berupa 3 ekor kambing tersebut dilakukan oleh Sukron selaku tokoh agama, dengan dibantu oleh beberapa warga penyembelihan hewan kurban berjalan dengan lancar. Para warga pun bergotong royong menguliti dan memotong daging kurban dengan ukuran-ukuran tertentu yang kemudian dibagikan kepada tetangga dan warga sekelilingnya.

Hewan Kurban di Ponpes Al Ianah
Hewan Kurban di Gang Makmur Bulakan Barat
Hewan kurban di Gang Mangun Bulakan Barat
Hewan kurban di Dukuh Balong Bulakan Timur
Hewan kurban di Dukuh Karang

Semoga para pemberi hewan kurban yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk berbagi di momen Idul Adha ini mendapatkan ridho dan balasan dari Alloh yang Maha Pengasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *