Pemberdayaan Pandu Digital : Pelatihan Infopasardesa

Bulakan – Hari ini, Minggu (8/9) Pemberdayaan Pandu Digital Desa Bulakan adalah pertemuan yang ketiga kalinya. Bertempat di Balai Desa Bulakan, pelatihan ini melibatkan unsur Ibu-ibu Desa Bulakan seperti TP-PKK Desa, para pelaku usaha mikro kecil, menengah (UMKM) dengan narasumber dari Pusat Pemberdayaan Informatika dan Desa (Puspindes) Kabupaten Pemalang. Para peserta diajarkan bagaimana menggunakan sebuah platform marketplace “infopasardesa” yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Puspindes.

Yuni, salah satu narasumber dari Puspindes mengatakan, infopasardesa tersebut untuk latihan, sebelum menggunakan platform yang sudah ternama seperti shopee, tokopedia dan lain sebagainya.

“infopasardesa ini platform marketplace untuk desa atau masih lokal, digunakan untuk latihan dulu,” tutur Yuni.

Para peserta sedang diberikan pelatihan menggunakan infopasardesa

Selain Yuni, Intan dan Zaenal mengisi pelatihan dengan memberikan materi dan pengarahan bagaimana membuat sebuah toko online, dari nama toko, deskripsi dan kebijakan.

Selain memasarkan produk melalui infopasardesa, para peserta diberikan pengarahan, tatacara jualan online melalui media sosial seperti Instagram.

Sesi terakhir, Puspindes memberikan Doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dengan tepat. Pertanyaannya cukup sederhana, yaitu menyebutkan nama email dan password yang digunakan untuk log in ke platform marketplace seperti infopasardesa atau medsos. Dan ada 3 peserta yang berhasil menjawab dengan tepat dan berhak memperoleh hadiah yang sudah disiapkan oleh Puspindes.

3 peserta menerima doorprize dari Puspindes setelah menjawab pertanyaan dengan tepat

Dengan adanya kegiatan pandu digital ini diharapkan mampu mengembangkan dan memperluas pasar para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Desa Bulakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *