Pawai Obor Keliling Desa Sambut Tahun Baru Islam

Bulakan – Sambut tahun baru Islam, Pondok Pesantren Al I’anah Bulakan melakukan pawai obor keliling desa, Sabtu malam (31/8). Kegiatan tersebut merupakan tradisi yang dilakukan oleh Ponpes Al I’anah menjelang tahun baru Hijriyah, 1 Muharrom.

Pawai obor dimulai pukul 20.00 WIB. Semua peserta berkumpul dari depan Masjid Jami Bulakan di Jalan Raya Randudongkal Belik Km 7 untuk mulai berkeliling desa.

Kepala Desa Bulakan Sigit Pujiono bersama KH. Rofii Yasin Pengasuh Ponpes Al I’anah melepas Pawai Obor malam ini. Para peserta yang terdiri dari santri, alumni dan para pengajar Ponpes Al I’anah tersebut memulai pawai dengan membawa obor dan berjalan kaki. Dengan dimeriahkan oleh Grup Drum Band dari MTs Miftakhul Ulum Bulakan, Grup Al Basroh serta Kenceran dari Ponpes Al I’anah, kegiatan pawai berjalan khidmat dan meriah. Kemeriahan pawai obor sempat membuat lambat arus lalu lintas yang melintas. Para warga masyarakat juga berbondong-bondong untuk melihat tradisi yang dilakukan setiap satu tahun sekali.

Rute yang dilalui Pawai Obor adalah dari depan Masjid Jami Bulakan kemudian masuk ke Gang Mangun, keluar dari Gang Kawedar, lalu masuk lagi ke Gang Rawajati kemudian keluar di Gang Baturwangi terus finish di Ponpes Al I’anah.

Kegiatan serupa juga dilakukan di Dusun Sawangan Bulakan. Kegiatan pawai obor menyambut tahun baru Hijriyah tak kalah meriah. Dengan membawa obor dan membawa bendera merah putih, para peserta pawai obor berkeliling dusun.

Pawai obor sambut tahun baru Islam di Dusun Sawangan

Dengan adanya pawai obor dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharrom 1441 H ini, bisa lebih mengenalkan tahun baru Islam kepada masyarakat dan para generasi penerus yang lebih mengenal tahun baru Masehi dari pada tahun baru Hijriyah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *