Bebersih Candi Batur

Bulakan – Kepala Desa Bulakan bersama Perangkat Desa serta para warga bekerja bakti bersih-bersih area Candi Batur Dusun Dukuh Karang Desa Bulakan, Selasa (13/8). Kegiatan ini selain bertujuan untuk menciptakan budaya bersih juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74 dan persiapan acara budaya yaitu Gebbus atau Gebyar Budaya Bulakan Sapilanang tanggal 25 Agustus 2019 nanti. Dengan adanya gotong royong ini juga diharapkan mampu mempererat tali silaturrohim, meningkatkan kerukunan dan kebersamaan.

Dimulai pukul 07.30 WIB kegiatan bersih-bersih dilakukan di lapangan Candi Batur. Kepala Desa Bulakan Sigit Pujiono, para Perangkat Desa serta para warga yang terdiri dari pemuda, orang tua bersama-sama membersihkan sampah, merapihkan rumput yang ada di area lapangan candi. Sampah-sampah dikumpulkan kemudian dibakar. Batu-batu ukuran sedang dan besar juga disingkirkan dan dirapihkan.

Selain di area lapangan candi, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan di jalan yang berada di wilayah candi. Jalan ini menghubungkan lapangan candi dan lapangan Kubang Dusun Dukuh Karang. Dengan menggunakan sapu lidi, membersihkan sampah dan daun bambu yang jatuh ke jalan. Bambu yang melintang dan berserakkan di sekitar jalan juga dirapihkan. Bahkan beberapa bambu dimanfaatkan untuk membuat pagar jalan sehingga terlihat lebih rapih.

Kegiatan kerja bakti ini selesai pukul 11.00 WIB, terlihat area candi lebih bersih dan rapih. Sigit berharap, kesadaran masyarakat sekitar dan para pengunjung Candi Batur untuk menjaga kebersihan selalu tumbuh sehingga lingkungan akan selalu terlihat indah dan menarik lebih banyak pengunjung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *